Sambutan Majlis Dzikrul Ghafilin


بِسْمِ اللهِ الرّحْمَنِ الرَّحِيْمِ اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلَامُ عَلىَ اَشْرَفِ اْللأَنْبِياَءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ سَيِّدِناَ وَمَوْلَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَاصَحابه و أتباعه و أمته أجمعين حق قدره و مقدره العظيم و لا حول ولاقوة الابالله العلي العظيم أما بعد :

اللهم اجعلني من الذين يقولون يفعلون و من الذين يفعلون يخلصون و من الذين يخلصون يقبلون 

Yang sama sama kita hormati Guru tercinta, (مرب روحنا) ayahanda KH. Syamsul Ma’arif Hamzah (متعه الله بطول حياته مع الصحة والعافية) beserta seluruh keluarga besarnya, diantaranya yang kami cintai Gus Lubbi, Gus Tomi, Gus Ryan,  Gus Najib, Gus Ade dan para jama'ah yang di sayangi dan di rahmat Allah swt. Amin

Alhamdulillah, kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Swt yang senantiasa melimpahkan rahmat dan nikmatnya, semoga kita semua yang hadir pada malam ini mendapatkan keberkahan dari guru kita yang mulia KH. Syamsul Ma’arif Hamzah. Amin ya Robbalalamin. 

Sholawat dan salam selalu tercurah kepada Baginda Nabi Muhammad Saw semoga kita mendapatkan syafaat beliau pada hari 

لا ينفع مال ولا بنون إلا من أتى الله بقلب سليم امييين

Hadirin yang dimuliakan Allah Swt. 

Majlis yang penuh khidmat dan khusyu ini mengajarkan kita, bagaimana kita menata hati dan menata niat kita. Semoga apa yang kita niatkan, apa yang kita lakukan dan kita upayakan, dengan segala keterbatasan dan kekurangan kita, benar benar bisa sampai kehadirat Allah Swt, sehingga kita  mendapatkan keberkahan dan ridho dari Allah Swt.

Kita juga wajib bersyukur, berterima kasih karena pada malam ini kita mendapatkan rahmat dan anugerah yang agung dari Allah, karena di beri izin untuk bisa berkumpul bersama sama, berzikir bersama sama  di majlis yang penuh berkah ini, di kediaman guru kita yang mulia.

Semoga setelah zikr ini, Allah memberikan kita jalan keluar atas kesulitan-kesulitan kita, atas seluruh problem permasalahan kita, yang menyangkut masalah duniawiyah maupun ukhrowiyah.

Semoga Allah Swt mengabulkan hajat kita dan ditambahkan lagi keberkahannya, diberikan fasilitas-fasilitas khusus dari Allah Swt, dipilihkan pilihan yang terbaik menurut Allah Swt, sehingga kita mendapatkan nasib yang baik, nasib yang  menyebabkan kita nanti dimuliakan oleh Allah kelak di akhirat.

Semoga Allah Swt memberikan kita hidayah, taufik dan inayahnya serta menjadikan kita hamba-Nya yang semakin yaqin dan husnudzan kepada Allah. Amin ya Robbal Alamin.

Ini adalah nasihat pertama guru mulia  kepada alfaqir, yaitu  tentang yaqin dan husnuzhan kepada Allah swt.  

beliau membacakan satu  hadits Qudsi  sebagai berikut  : Allah swt berfirman: 

أنا عند ظن عبدي بي، فليظن بي ما شاء.

“Sesungguhnya Aku (kata allah) tergantung persangkaan hamba-Ku. Oleh karenanya, hendaknya hamba-Ku berprasangka dengan apa yang dia ingin dari-Ku.”

إن ظن بي خيرا فله، و إن ظن بي شرا فله.

“Jika dia berbaik sangka berupa kebaikan, maka kebaikan baginya. Jika dia berprasangka buruk, maka keburukan pula baginya. (HR. Ahmad, No. 9076)

Guru kita yang mulia berkata bahwa kita harus memastikan  hati kita selalu dalam posisi husnudzon  (berbaik sangka) kepada Allah Swt. Harus FULL HUSNUDZHAN, FULL YAQIN terus kepada Allah Swt. 

Ulama tasawuf banyak belajar dari peristiwa thaif, bagaimana Rasulullah salam dalam  keadaan susah, menderita, didzalimi tapi tetap berdoa kepada orang yang mendzaliminya  dengan doa yang baik yaitu agar di berikan hidayah kepadanya. “اللهم اهد قومي فإنهم لايعلمون” , yang pada akhirnya lahirlah generasi generasi keturunan bangsa thaif yang beriman kepada Allah Swt.

(يريد الله بكم اليسرى). 

Allah itu menginginkan kemudahan-kemudahan bagi hamba-Nya, Allah itu tidak ingin hamba-Nya dalam keadaan susah. Maka seyogyanya hati orang yang beriman itu harus selalu dalam keadaan tenang dan senang.

 (وانزل السكينة في قلوب المؤمنين

dengan selalu berhusnudzon kepada Allah Swt, karena Allah menginginkan hamba-hambanya dalan keadaan tenang dan senang. Kalau ada kesusahan, kegundahan, kesedihan, maka itu bukan datang dari Allah tapi dari dari manusia sendiri فمن نفسك. Kenapa? Karena ia bersu’udzhan kepada Allah Swt sehingga mereka mendapatkan hal yang demikian.

Maka keimanan dan ketauhidan kita kepada Allah harus terus diperbaiki. Iman kepada Allah harus terus naik, jika tidak bisa naik maka minimal dalam keadaan stabil, jangan sampai turun.  Selalu istiqomah dalam iman dan selalu istiqomah dalam yaqin.

3 prinsip yang diajarkan guru kita jangan sampai lupa,  yaitu dengan: memperbanyak dzikir, memperbanyak shodaqoh, menyenangkan guru dan orang tua

Nikmati  amalan-amalan tersebut, yaqinin, insya Allah, Allah akan turunkan keberkahan kepada kita asalkan kita (حسن الظن) dan (حسن اليقين), bahwa ‘Allah itu segalanya’ maka nanti akan dapat ‘kebahagiaan’, baik di dunia maupun di akhirat. Ini semua adalah dawuh dari guru kita yang mulia.

Semoga amaliyah kita ini mendatangkan kecintaan Allah, kecintaan Rasulullah dan kecintaan  guru kita yang mulia dan bertambahnya  ta'asub kita kepada guru kita semua. Amin ya Robbal Alamin.


و العفو منكم و الله الموافق إلى أقوام الطريق و السلام عليكم ورحمة الله وبركاته 

 

لرضاء الله تعالى ولهدايته و توفيقه ولمغفرته و لعفوه الفاتحة


لشفاعة الفاتحة المعظمة و السبع المثاني و لشفاعة القرآن و لشفاعة رسول الله و لشفاعة الأنبياء و المرسلين و لشفاعة الأولياء و العلماء و الصالحين الفاتحة


على ما نوى سلف الصالح و على ما نوى كياهي حميم جزولي و على ما نوى غوس عارف و على كل نية صالحة الفاتحة

Mari kita bacakan surat alfatihah untuk orangtua kita, kakek nenek kita, guru-guru kita, saudara kita, tetangga kita yang sudah meninggal dunia mudah-mudahan diampuni dosanya, diterima amal ibadahnya, dijauhkan dari siksa kubur, dilapangkan kuburannya dan dijadikan kuburannya raoudhah min riyadil jannah, masuk surga tanpa hisab dan mendapat syafa’at baginda Nabi Besar Muhammad Saw.

Mari kita bacakan surat fatihah untuk anak anak kita yang sedang belajar semoga giat belajarnya, cerdasa otaknya, baik akhlaknya, menjadi anak yang sholeh dan sholehah, menjadi anak yang berbakti kepada orang tua, berbakti kepada Allah dan Rasulnya serta manfaat bagi agama dan bangsanya. Yang sedang mencari kerja atau jodoh semoga cepat mendapatkannya sesuai yang diridhoi Allah Swt.

Kemudian kita bacakan surat fatihah mudah-mudahan keluarga kita menjadi keluarga yang sakinah mawadah wa rohmah, keluarga yang saling memotivasi untuk ibadah kepada Allah. Mudah-mudahan doa-doa kita dan hajat-hajat kita dikabulkan oleh Allah Swt, mudah-mudahan kita diberikan rizki yang banyak, yang halal untuk ibadah kepada Allah, diberikan kekuatan untuk istiqomah dalam ibadah sampai akhir hayat kita dan kita semuanya mati dalam keadaan husnul khotimah. Amin

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH TAHUN BARU ISLAM

Sambutan Wisuda TK

MENYAYANGI ANAK YATIM